Minggu, 18 Juli 2010

Indahnya Panorama Bukit Mendelem

Pada artikel jalan-jalan kali ini saya akan memposting sebuah tempat liburan yang sangat menantang yaitu menuju gunung atau lebih tepatnya bukit Mendelem yang lokasinya berada di kecamatan Belik kabupaten Pemalang.
Jika anda ingin mengunjungi bukit ini dari arah Randudongkal bisa melewati jalur Randudongkal – Belik dan yang berasal dari arah Moga atau Pulosari bisa melewati jalur Pulosari – Belik yang melewati desa Gombong.
Sekitar ± 4 Km utara pasar Belik yang berada dekat dengan jalan raya, tanyalah kepada penduduk setempat arah menuju bukit Mendelem, yang sebenarnya jika diperhatikan dari dekat pasar ini pun sudah kelihatan bukitnya yang menjulang tinggi jika dibandingkan dengan bukit-bukit sekitarnya.

Sesampainya dilokasi kita bisa beristirahat sejenak setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang dengan menggelar tikar diantara bebatuan alam yang sangat kokoh dan megah.

Didekat bukit ini banyak ditumbuhi pohon-pohon khas perbukitan seperti pinus, pohon kayu putih dan sebagainya. Suasana alam tenang dan sunyi membuat cocok sekali jika kita ingin membuat sebuah karya yang memerlukan inspirasi tinggi yang diperoleh dari alam sekitar.


Jika dilihat dari bawah bukit, bebatuan yang besar nampak kokoh menjulang menjadikan bukit Mendelem ini suatu tantangan extream tersendiri bagi pecinta olah raga extream seperti panjat tebing, tingginya yang berkisar 2 – 3 km dari tanah memungkinkan pagi pecinta olahraga panjat tebing untuk bisa memperkayai diri dengan pengalaman baru memanjat bukit ini.



Jika dilihat dari bawah bukit, terdapat sebuah lubang menyerupai goa yang terletak disisi kanan bukit ini, namun begitu penulis belum bisa memastikan apakah lubang itu goa ataukah hanya bebatuan yang berlubang, hal ini dikarenakan penulis tidak mempunyai kesiapan khusus untuk menaiki bukit dan melihatnya secara jelas.

Untuk memasuki daerah ini kita belum diwajibkan membayar akomodasi (tiket masuk) alias gratis untuk itu diharapkan kita mampu menjaga diri dengan selalu menjaga kebersihan sekitar tempat ini, dikarenakan pengelolaannya belum terorganisir, selamat berkunjung . . .

0 komentar:

Posting Komentar