Jumat, 06 Februari 2015

Flashing Advan T1Q Bootloop


Pada postingan kemarin saya telah menjelaskan bagaimana susahnya menemukan firmware ori Advan Vandroid T1Q, dikarenakan seri tablet ini masih tergolong baru sehingga susah untuk mencari stock room bawaan tabletnya jika dicari di internet.

Dan karena saya telah bisa mendapatkan firmware tersebut maka pada postingan kali ini saya akan sedikit share tentang pengalaman saya memflashing tablet Advan Vandroid T1Q

Baiklah pertama kita download dulu firmware ori dari Advan T1Q disini
Kemudian donlot juga alat flashingnya disini atau disini
Serta driver kabel data untuk Advan T1Q disini
Kunjungi juga facebook si empunya yang upload software pendukung diatas silahkan add facebook agan Gilang Pratama Putra

Langkah-langkah
Pertama kita install dulu dua aplikasi diatas yaitu MediaTek SP Flash Tool V5.13.52.200 dilanjutkan dengan instal driver kabel data MT6577 USB VCOM drivers untuk Advan T1Q.


Langkah berikutnya ekstrak file firmware Advan T1Q letakkan di folder FLASH buka aplikasi SP Flash Tool yang tadi kita install klik tombol scatter loading, dan arahkan ke file scatter yang ada di folder FLASH, file scatter adalah file yang termasuk dalam paket firmware yang kita download fungsinya hanya untuk mempetakan lokasi software-software akan di install pada tablet kita.

Setelah file scatter berhasil diload oleh SP Flash Tool pastikan bahwa menu yang dipilih adalah download only, lanjutkan dengan klik tombol download.


Sampai pada step tersebut berdoalah, mintalah diberikan kemudahan dalam memflash tablet ini he he he

Langkah selanjutnya adalah matikan tablet dengan menekan tombol power selama kurang lebih lima detik, sehingga tablet kita berada pada posisi off atau mati.

Ambil kabel data yang terhubung ke tablet dan tancapkan ke port USB computer / laptop dengan menekan tombol volume + pada tablet.
Setelah tablet berhasil terdeteksi oleh computer lepas tombol volume + dan biarkan proses flashing berjalan dengan sendirinya.

Proses flashing akan memakan waktu kurang lebih lima menit, biasanya ditandai dengan munculnya gambar centang yang menunjukan proses flashing berhasil.
Cabut kabel data pada port usb computer dan nyalakan tablet.


Pada kasus yang saya alami setelah proses flashing tablet berhasil sembuh dari bootloop tetapi beberapa aplikasi berhenti atau force closed.


Jika terjadi seperti itu kita hanya perlu masuk ke system recovery dengan menekan tombol power dan volume + secara bersamaan selama kurang lebih lima detik maka tablet akan masuk ke menu recovery tools.


Pada menu recovery tools pilih menu wipe data/factory reset dilanjutkan dengan menekan tombol power.
Setelah proses wipe data and chace berhasil kita tinggal restart tablet, dan tablet pun sembuh seperti semula :)



Best regards
masbayu imzers

0 komentar:

Posting Komentar