Sebelum anda menggunakan rumus excel sebaiknya anda dapat memahami apa itu rumus, fungsi dan formula dalam excel. Fungsi adalah rumus yang telah ditetapkan untuk melakukan perhitungan dengan parameter tertentu. Seiring berjalanya waktu mircosoft excel selalu menambahkan fungsi atau rumus-rumus baru sesuai dengan perkembangan untuk memudahkan perhitungan.
Dibawah ini saya berikan contoh penggunaan fungsi pada Microsoft Excel
Untuk merubah data tanggal lahir siswa pada file excel dengan data Tahun, Bulan, Hari maka kita bisa menggunakan rumus TEXT
=TEXT(E5;"DD MMMM YYYY") untuk menghasilkan bulan dengan nama bulan bukan angka decimal atau =TEXT(E5;"DD/MM/YYYY") untuk menghasilkan bulan dengan angka decimal
UNTUK MENGAMBIL DATA DARI CELL DAN MERUBAH DARI TAHUN BULAN HARI MENJADI HARI BULAN DAN TAHUN
=TEXT(G11;"DD-MM-YYYY")
MENAMBAHKAN TEXT UNTUK TEMPAT TANGGAL LAHIR
=G11&","&TEXT(H11;"DD-MM-YYYY")
MENGITUNG LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KOLOM
=COUNTIF(C9:C68;"L")
=COUNTIF(C9:C68;"P")
MENGITUNG TAHUN LAHIR
=DATEDIF(E8;F8;"Y") = menghitung tahun
=DATEDIF(E8;F8;"YM") = menghitung bulan
=DATEDIF(E8;F8;"MD") = menghitung hari
Cell E8 adalah tahun lahir
Cell F8 adalah tahun sekarang
MENJUMLAH KOLOM B DENGAN KRITERIA KOLOM A
=SUMIF(P7:P461;"KLIK";V7:V461)
Cara pengerjaanya ketik =SUMIF( sorot cell kolom A diakhiri dengan menekan tombol F4 kemudian, titik koma lalu ketik dengan tanda kutip kriteria yang ingin di sorot, dilanjutkan dengan menambahkan titik dua dal sorol komo B atau yang ingin dijumlahkan, diakhiri dengan kurung tutup.
FUNGSI LOGIKA SEDERHANA
=IF(A3>=20000;"RANGE 1";"TIDAK ADA DATA")
Untuk jumlah variabel data yang lebih banyak
=IF(A3>=20000;"RANGE 1";IF(A3>=40000;"RANGE 2";"TIDAK ADA DATA"))
0 komentar:
Posting Komentar