Selasa, 26 Agustus 2014

Seminar Galow IT Pemalang

Pemalang, 24 Agustus 2014 hari minggu pagi pukul 08.00 WIB di Pendopo Kabupaten telah bersiap peserta seminar GALOW IT Bersama Onno W Purbo dan Andri Johandri.
Seminar tersebut rencananya akan membahas mengenai Open BTS, Streaming dan Hacking yang akan disampaikan oleh masing-masing pakar IT tersebut diatas.

Acara yang dijadwalkan mulai pukul 08.00 WIB nampaknya mengalami kemunduran jam yang sangat parah, hingga akhirnya baru bisa dimulai pukul 10.00 WIB, nampaknya itu terjadi karena Bapak bupati yang sekiranya hadir membuka seminar tersebut berhalangan hadir dalam acara tersebut.

(screen proyektor tampilan slide presentasi)

Sebelum memulai seminar dikukuhkan pula Relawan TIK Pemalang yang telah dipilih 7 orang sebagai Relawan TIK Pemalang.

(pengukuhan Relawan TIK)

Selepas acara pengukuhan dilanjutkan dengan acara pembukaan seminar Galow IT oleh Ka Dinas Pendidikan Kab. Pemalang Bpk. Mariyoto, M.Pd yang juga bertindak mewakili bapak Bupati Pemalang.

(sambutan Bpk. Mariyoto, M.Pd)

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama mengenai straming ip tv oleh pakar tv streaming Bpk. Andri Johandri.

Dalam presentasinya beliau mengutarakan mengenai pemanfaatan handphone bersistem operasi android sebagai sarana untuk menyiarkan secara live streaming dengan menggunakan aplikasi OS Broadcaster yang dapat didownload gratis via Google Play Store.

Software terebut harus terintergrasi dengan server nginx agar dapat melakukan streaming secara live interaktif, melalui aplikasi ini kita bisa membuat tv online straming berbasis WAN (wireless access networking) untuk jaringan internet internal misalnya dalam satu sekolah.

(pemukulan gong pembukaan seminar)

Lanjut ke materi kedua yaitu pengenalan OPEN BTS yang disampaikan secara gamblang oleh Bpk. Onno W Purbo.
BTS merupakan suatu elemen dalam jaringan seluler (Cell Network) yang berperan penting sebagai pemancar dan penerima sinyal dari handphone pengguna (MS/Mobile Station).

Dalam presentasinya kang Onno menyampaikan mengenai BTS yang ia buat sendiri menggunakan perangkat sistem dari Range Network, dengan menggunakan sumberdaya peralatan tersebut kang Onno membuat sebuah BTS sendiri yang ia beri nama Onno Tel.

Dengan operator seluler yang ia beri nama Onno Tel tersebut dia mencoba melakukan panggilan dan sms secara gratis melalui kartu sim card yang telah didesain terlebih dahulu.

(kang Onno sedang menjelaskan Open BTS)

Diahir seminarnya ia menambahkan beberapa referensi untuk mengenal open BTS yaitu dengan mengunjungi http://opensource.telkomspeedy.com/wiki seminar hari itu diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto-foto.

Terimakasih kang Onno, telah menambah wawasan kami warga Pemalang.

(doc foto)



Best regards
masbayu imzers

0 komentar:

Posting Komentar